Notifikasi :

1. Saya sibuk dengan jadwal kuliah, jadi bakal jarang update.

2. AFA Singapore bikin iri.

3. Musim senang-senang hampir berakhir.

4. Dilanjutkan musim galau yang akan datang

Popular Post

About Me

Foto saya
Orang kurang kerjaan yang sibuk internetan
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Labels

Posted by : KIV Rabu, 16 Oktober 2013

Wew... selamat siang, hari ini aku mendengar sebuah kabar yang cukup menyakitkan dari tempat reparasi komputer yang menangani lepi kesayanganku yang tiba-tiba saja memasuki tahap nge-lag dewa... In worst scenario, all of my data stored will be lost... sigh... dan sekarang aku cukup kehilangan semangat buat ngelanjutin kuliah -_-

Anyway, sekarang ayo kembali ke topik, tentang visual novel. Ada yang tahu visual novel? mungkin sudah cukup banyak yang mengenal istilah ini, tapi tidak pula menutup kemungkinan akan ada orang-orang yang bahkan belum pernah mendengar istilah ini.

"apa itu sejenis novel?"

Ya... bisa dibilang begitu, tapi visual novel sendiri merupakan gabungan dari berbagai aspek, text layaknya sebuah novel, gambar dengan desain yang seperti animu, tak lepas pula peran musik yang seringkali digarap dengan cukup serius.

bagi kalian yang kurang kerjaan seperti saya, coba saja baca pengertian lebih lanjut mengenai vn di sini.

kalian tahu fate/stay night?


ato kalo mau yang lebih dewa lagi clannad?


Kalian merasa ada yang berbeda dari 2 gambar diatas. Yup, itu karena dua gambar tadi berasal dari yang sebenarnya berasal dari sebuah media yang kurang dikenal bernama visual novel.

selain itu, juga masih banyak judul-judul lain yang berasal dari VN, dan tentu saja saya malas untuk menuliskannya di sini. Meskipun begitu, aku akan memberikan sedikit judul-judul yang seharusnya tidak asing lagi di telinga kalian. Judul-judul berikut yang berkesan bagiku, sebenarnya masih ada yang lain, tapi biasanya fail, kalo ga karena art dari animu-nya yang bikin ak ga kuat nonton dan beralih ke VN-nya saja.

Chaos;Head
Little Busters
Steins;Gate
Robotic;Notes
Yosuga no Sora 

Gimana? sudah mulai tertarik?
Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat visual novel kurang dikenal di masyarakat jejepangan, namun pada umumnya adalah faktor bahasa yang masih menggunakan bahasa jepang. Memang sih, ada beberapa pihak translator. Ada yang resmi seperti mangagamer dan jastUSA, serta yang cukup kontroversial MoeNovel dengan If My Heart Had WIngs yang dirilisnya beberapa saat silam.

Ada juga beberapa translator yang berasal dari fans ang ingin menyebarluaskan visual novel ke dunia luas, beberapa yang terkenal antara lain ada TLwiki dengan banyak proyek dari VN yang melegenda di dunia VN.

Soal kualitas? aku berani bilang kalo fan-translator lebih baik dari pihak resmi, bahkan perusahaan resmi tersebut seringkali membeli skrip yang sudah ditranslate dari pihak fan translator, bahkan hingga merekrut mereka ke dalam perusahaan mereka.

Kalo misalkan kalian ingin mencoba membaca VN, aku saranin kalian membaca dari list yang aku berikan di bawah, itu list pribadi sih dan memang sengaja tidak aku update, karena berbagai hal.

VNDB

Untuk informasi-informasi selanjutnya akan aku jelaskan lain kesempatan,dikarenakan keterbatasan waktu dan tempat.

Sampai Jumpa :3


{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Halo Rizky :D //melambai //ceritanyaisengkomen

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwaa... ini memalukan sekali
      *mojok*

      Hapus

- Copyright © 2013 Kiv's Note - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesigned by R.F.Aditya -