Notifikasi :

1. Saya sibuk dengan jadwal kuliah, jadi bakal jarang update.

2. AFA Singapore bikin iri.

3. Musim senang-senang hampir berakhir.

4. Dilanjutkan musim galau yang akan datang

Popular Post

About Me

Foto saya
Orang kurang kerjaan yang sibuk internetan
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Labels

Posted by : KIV Sabtu, 21 September 2013



Ngga kerasa udah lebih dari seminggu lalu aku menghadiri sebuah acara yang disebut AFAID. Kalian sudah pasti tau kan? Acara yang dibawakan oleh Danny Choo ini kembali hadir ke Indonesia setelah menuai kesuksesan yang cukup besar di tahun lalu. AFAID, singkatannya Anime Festival Asia Indonesia pada tahun ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center, berbarengan dengan IGS dan Konferensi Maritim yang berada di sebelahnya.Sebenernya agak aneh juga… knapa promotornya ga nyewa semua JCC… takut duitnya ga cukup kali ya.

Jika kuingat kembali, acara saat itu benar-benar meriah, dimulai dari orang2 yang main kereta-keretaan dari pagi menjelang, hingga saat-saat aku harus mengakhiri ekspedisiku yang kurang lebih isinya hanya melihat-melihat dikarenakan kondisi ekonomiku yang sedang pas-pasan, maklumlah anak kos . Ah iya lupa aku omongin kalo hari itu aku jadi agen tiket dadakan :v loh kok bisa?Sebenarnya ceritanya panjang dan bisa-bisa aku jadi nulis cerpen di sini, tapi untuk mempersingkat tempat dan waktu anda yang ga sengaja nyasar di sini, saya akan cerita dikit….

Singkat kata, pagi itu aku dan rombonganku bersiap-siap untuk pergi ke JCC seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Pagi hari masih terasa dingin, sebuah suasana yang tidak kusangka bisa terjadi di tengah ibukota yang malamnya biking w buka baju saking panasnya. Terhitung pada saat itu ada beberapa ekor manusia yang sudah kelaparan akan tujuannya masing-masing di AFAID. Biar kuperkenalkan. Ada om Wahyu, salah satu guru PPL-ku waktu SMA yang ga kusangka ternyata gudang data untuk hobiku. Tujuannya kali ini adalah bertemu higher being yang bernama “chyvalle”(nama disamarkan), sori bang chyv, saya lupa nama asli anda :v. Terus ada Emye, guru PPL-ku juga dulu yang aku lupa kenapa dia ikut ke sini (smoga orangnya g abaca). Terus ada Pandu, kenalanku dari net forum internasional yang membuatku jadi lebih aktif di social media. Tujuan dia ga terlalu jauh sama tujuanku, hanya saja dia nge-loot banyak barang di AFA. Ada juga Lutfi, tuan rumah yang bersedia menampung kami berempat selama di Jakarta. Kalo ga ada dia mungkin aku dan yang lain udah nge-gembel di bundaran HI selama 4 hari 4 malem layaknya bolang (bocah ilang). Dan tak lupa aku sendiri, orang kurang kerjaan yang ikutan sama mereka. Tujuanku awalnya

hanya ingin gathering dengan grup yang kubentuk setengah tahun lalu bersama temen-temen yang kusebut di atas, that’s all… sayangnya saat itu aku ga bawa duit buat nge-loot karena ni acara sialnya jatuh pas uang bulanan gw belom cair. 

Matahari sudah beranjak naik, mengindikasikan sudah waktunya kami berangkat menuju medan perang. Dengan langkah pasti, kami pergi dengan perbekalan senjata di punggung, menuju Jakarta convention center menaiki busway. 

Tibalah kami di tempat tujuan… sebuah pemandangan yang bisa dibilang mengejutkan… jam 7, loket bahkan belum dibuka, akan tetapi antrian sudah sepanjang hamper 100 meter. Hmm… apakah orang yang ada di depan menginap untuk bisa mendapatkan tempat di sana? Entahlah… hanya dia, security dan Tuhan yang tahu kapan.



1.1-1.3: antrean AFAID di pagi hari

Skip skip skip…. Sekitar 2 jam menunggu, akhirnya kami sampai di bagian depan antrean. Keringat sudah mulai bercucuran, membasahi pakaian kami yang memang sudah dari sananya lusuh. Ada seorang pria paruh baya yang tiba-tiba datang menghampiri kami, aku merasa ada yang aneh, karena dari penampilannya aku tahu dia tidak akan mengikuti AFA. ‘what the…’ pria itu mengulurkan tangannya yang berisi lembaran uang berwarna biru ke arah emye. “19 tiket, nanti kau akan kuberikan komisi”. Kami tidak bisa menolak, karena mereka langsung menyodorkannya ke kami. Well… emye sih terima-terima aja karena sebagai anak kos, uang itu penting. Tak lama, party dari orang tersebut mengerubungi kami, menitipkan masing-masing dari kami tiket untuk dibeli. Mereka memberikan uang ke kami, jadi mau bagaimana lagi, mumpung aku lagi butuh uang untuk makan.

Skip lagi, kami masuk ke dalam, kemudian berpencar untuk melihat-lihat. JCC masih bisa dibilang sepi, karena itu kami muter-muter ga jelas sambil melihat-lihat untuk mencari sesuatu yang menarik. Tapi yang namanya realita memang kejam… kemampuan ekonomi para penduduk ibukota memang hebat, kami yang berasal dari somewhere in central java hanya bisa melongo melihat price tag yang diberikan untuk tiap item. Dafuq… uang makanku bisa abis kalo buat belanja satu barang di sini. Kalah telak, aku, emye, dan wahyu memutuskan untuk menyusuri dungeon berwujud manusia menuju underground, masuk ke creator hub dan mengikuti berbagai kegiatan di berbagai stand.

Berbagai hal terjadi, dan pastinya akan terlalu panjang kalau ditulis di sini. For the summary, tujuan kami datang ke AFA tercapai, dan kami mendapatkan satu kejutan juga, dimana para awak craneanime & Erojiji (forum yang kusebut di atas tadi) ternyata turut hadir dalam acara ini. As expected when people like us gathered, we spend our time together with loot each other’s data, talking non-sense, and shared anything we brought there. Sebagai kenang-kenangan selama main di jakarta, kami mengambil beberapa foto sebagai memento pernah datang ke acara ini dengan jumlah orang seadanya. Ga semua orang bisa hadir di event yang diadakan di saat yang bisa dibilang nanggung, alasannya sebagian besar kerena hari senin-nya universitas sudah memulai aktivitas pembelajaran. Karena itu, sebagian besar orang sudah pulang terlebih dahulu, sehingga saat "photo session" (:v) berlangsung hanya orang-orang kurang kerjaan dan berencana bolos yang terfoto seperti dibawah ini.



1.4: Gathering di AFAID 13

 1.5: Gathering di blok M keesokan harinya

Hee... baru sadar kalo ternyata tulisanku jadi panjang begini, ternyata aku emang kurang cocok kalo nulis singkat padat dan jelas. Whatever dah, that’s my summary when came to AFAID 13. Rencananya tahun depan kami akan pergi lagi dengan tim yang sama jika salah satu dari kami belum pensiun dari dunia yang adiktif ini. Semoga aja tahun depan tempatnya jauh lebih luas.Karena melihat animo masyarakat dengan event ini, tidak menutup kemungkinan akan banyaknyapengunjung di event tahun depan.

Ada yang berencana ke sana? kalo ada mungkin kita bisa bertemu di AFAID selanjutnya (semoga saja ga kalah dengan AFA Singapura yang dilangsungkan pada bulan November mendatang).


Anyway... see you next year, guys.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Kiv's Note - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesigned by R.F.Aditya -